Kamis, 30 Maret 2017

SURAT PEMBACA (Bahasa Indonesia)

Materi Bahasa Indonesia

Surat pembaca
Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca  yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat  ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi. Karena surat pembaca ini ditujukan kepada  siapa saja, surat pembaca ini dapat dijadikan alat untuk melakukan perubahan dan  menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan.
Biasanya surat pembaca ditulis berkaitan dengan kepentingan umum, misalnya, keluhan terhadap jalan  yang berlubang-lubang, operator telepon yang sering mengirimkan kuis, atau konsumen yang merasa dirugikan oleh perusahaan pengiriman barang yang telat mengantarkan pesanannya. Surat pembaca harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ditulis  berdasarkan data dan fakta yang kuat, serta alasan yang meyakinkan.
Walaupun berisi tanggapan, kritik, saran atau keluhan, seorang penulis tidak perlu takut  untuk menulis surat pembaca dan mengirimkannya ke media massa. Hal ini dilakukan agar permasalahan dapat diselesaikan dan dapat dilakukan perubahan.


 Sumber:https//.belajar.kemendikbud.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar